Minggu, 01 Maret 2009

kebersamaan itu..(2)


Kelas B Angkatan 51:





Pernah kutulis, bahwa terkadang ada rasa kasih tak terlihat antara aku dan mahasiswa-mahasiswaku layaknya banyak guru pada muridnya. rasa itu selalu kuberikan dengan ikhlas kepada mahasiswa-mahasiswaku sebagai seorang ibu dosen. Aku takkan mengharapkan materi atau apa kepada mereka kecuali doa agar mereka menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa, agama, masyarakat dan segala. Bila kemudian ada yang sudah menjadi petinggi negara atau POLRI dan kemudian "buang muka" (atau istilahnya bu Rohani "pasang pantat". Hehehe, apanya,Bu, yang dipasang ?) kepada kami, maka hanya senyum doa agar mereka sukses dan lebih, yang kami panjatkan kepada Allah ya Azis. Bila mereka masih mengenal kami sebagai dosennya, maka airmata syukur dan doa tulus pula yang kami pujikan, Subhanallah, maha Suci Allah yang Maha baik dan Maha Pemurah, bahwa mereka dengan rendah hati masih mau mengenal dosen tua yang pernah memberi mereka bekal ini.
---------------------

Dii friendsterku (vestyarela), ada seorang mahasiswa yang mengirimkanku message. Anonym, hanya huruf singkat "m" yang menjadi identitasnya. Entah mengapa..

Inilah copy dari message nya:

"Ijin. Ini ibu dosen aku yang paling baiiiik. Ijin,Mam. Kami dari 39B. Masih inget nggak, Mam?
Waktu itu Mam lagi ngajar serius mendadak ada yang ngobrol.. Tiba-tiba Mam menitikkan air mata. Kami diam, kami kira Mam marah.. ternyata airmata itu untuk kami.. Mam sedih dan lalu mengalunkan surat Wal Asri.Demi Masa..Sesungguhnya rugi kami kalau menyia-nyiakan waktu.Kami terpekur. Lalu Mam menanyakan apa Mam tak enak mengajarnya.Mam!!Asli!!Bukan itu maksud kami, Mam! Mam enak kali ngajarnya, mau mengerti kami, tak pernah marah karena kebodohan kami dan yang nakal2 dari yang godain Mam kami yang cantik ini sampe yang ke toilet 7 kali.(Bukan karena apa-apa lo,Mam!Hahaha).Mam tawarkan apa mau ganti dosen yang lain.Ya tak mauuulah kami!!Mana mau kami sama dosen yang cari enak waktunya saja tinggal2kan kami diganti waktu seenak udelnya dia.Bagi kami Mam is the best!!Hehehe.Ingat juga, gak,Mam.Waktu bener2 ada ganti dosen, kami tak mau dan aksi demo duduk2 diteras.Hahaha,nakal ya kami Mam?
bagi kami Mam udah cocok,koq.Terus laen hari ada mati lampu!! Ingat,Mam? Mam tanya apa kami mau pulang saja apa mau terus belajar? Kami jawab tak mau dan kami malah pakai lampu HP untuk membaca file kuliah.Wah..Mam nangis lagi!!Hahaha!!Terharu, ya, Mam? Mam masih ingat gak? Kami pengen tau ultah Mam,kami tanya ke Mindik eh, ternyata ultahnya September!! Minggu itu juga!!Langsung besoknya kami pesan kue, dan simsala bim!!Waktu Mam ngajar ada kue tart coklat di atas meja Mam. Hehehe!!Mam kaget lagi!!Kan? Mam tak percaya kami sayang Mam.Kami tak butuh soto, Mam!!Kan Mam bilang tak suka soto!!Hahaha!!Lagian Mam galak kalo ngawas ujian. Masih begitu gak, Mam? Jangan galak-galak, Mam!! Gak semua mahasiswa PTIK sepintar kami!!Hahaha.Mam,jangan sedih,ya..Mam bilang ikhlas kalo dilupakan sama murid2nya..karena begitulah tugas guru,mengantarkan mahasiswanya ke gerbang kesuksesan.Tapi gak semua lupa kan,Mam?Ini aku ingat,tapi tak usah tahu dulu aku yg mana.Ntar juga tau..Siap,Mam.C U ibuku...


Saya tak tahu, hingga kini. siapa si "m" ini. Namun siapa pun andika, saya tetap mendoakan dengan segenap hati, agar selamat lahir batin..
Pengalaman ini tetap akan menjadi "my unforgettable experience as a PTIK lecturer"
Amien..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar